Strategi Pendidikan Agama Kristen dalam Membangun Moderasi Beragama
DOI:
https://doi.org/10.55967/manthano.v4i1.87Keywords:
Guru Pendidikan Agama Kristen, Yesus, Kasih, moderasi beragamaAbstract
Abstract: Religious issues cannot be separated from society because religion plays an important role in social life. Empirically, religion is closely related to problems in society. Religion can be used to defend political and economic interests, especially if the religion has formed a social or political identity. In addition, interfaith relations are often plagued by factors such as historically rooted divergent views, negative perspectives on other religions, and competition to expand influence and convert people to their respective religions. This study aims to explore the various strategies used in Christian religious education and how they can contribute to the development of moderate attitudes among religious believers. The research method used in this article is a qualitative method with a library research approach. In the world of research, qualitative research is a method that focuses on understanding and explaining social phenomena through the perspective of individuals or groups. The essence of the discussion of this article states the importance of balance in the practice and understanding of religion, as well as preventing extreme and violent actions. The principles of moderation include justice, kindness, wisdom and consistency, which support the strengthening of tolerance in society. Christian Religious Education has a crucial role in fostering a tolerant attitude by teaching the value of love and forgiveness, and emphasizing the importance of respecting diversity.
Abstrak: Permasalahan agama tidak dapat dipisahkan dari masyarakat karena agama berperan penting dalam kehidupan sosial. Secara empiris, agama erat hubungannya dengan persoalan di masyarakat. Agama dapat digunakan untuk membela kepentingan politik dan ekonomi, terutama jika agama tersebut sudah membentuk identitas sosial atau politik. Selain itu, Hubungan antar agama juga seringkali diganggu oleh beberapa faktor seperti pandangan-pandangan berbeda yang telah mengakar secara historis, perspektif negatif terhadap agama lain, serta kompetisi dalam memperluas pengaruh dan mengajak orang masuk dalam agama masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi berbagai strategi yang digunakan dalam pendidikan agama Kristen, serta bagaimana strategi-strategi tersebut dapat berkontribusi pada pengembangan sikap moderat di kalangan umat beragama. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research). Dalam dunia penelitian, penelitian kualitatif adalah metode yang fokus pada pemahaman dan penjelasan fenomena sosial melalui perspektif individu atau kelompok. Inti dari pembahasan artikel ini menyatakan pentingnya keseimbangan dalam praktik dan pemahaman agama, serta mencegah tindakan ekstrim dan kekerasan. Prinsip-prinsip moderasi meliputi keadilan, kebaikan, kebijaksanaan, dan konsistensi, yang mendukung perkuatan toleransi di dalam masyarakat. Pendidikan Agama Kristen memiliki peran krusial dalam menumbuhkan sikap toleran dengan mengajarkan nilai cinta dan pengampunan, serta menekankan pentingnya menghargai keberagaman.
Downloads
References
Amtiran, A. A., & Kriswibowo, A. (2024). Kepemimpinan Agama Dan Dialog Antaragama: Strategi Pembangunan Masyarakat Multikultural Berbasis Moderasi Beragama. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.37329/jpah.v8i3.3165
Ar, S. (2020). Peran Guru Agama Dalam Menanamkan Moderasi Beragama. Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 3(1), 37–51. https://doi.org/10.36835/al-irfan.v3i1.3715
Arifianto, A. Y. (2024). (PDF) Tinjauan Trilogi Kerukunan Umat Beragama Berdasarkan Perspektif Iman Kristen. ResearchGate. https://doi.org/10.38189/jan.v1i1.38
Boiliu, E. R. (2021). Pembelajaran PAK di Era Digital: Sikap Inklusivisme Di Tengah Kemajemukan. JURNAL LUXNOS, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.47304/jl.v7i1.66
Boiliu, E. R. (2022). Literasi Moderasi Beragama dalam Perspektif Pendidikan Agama Kristen. PEADA’: Jurnal Pendidikan Kristen, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.34307/peada.v3i2.69
Daeli, D. O., & Zaluchu, S. E. (2019). Analisis Fenomenologi Deskriptif terhadap Panggilan Iman Kristen untuk Kerukunan Antar Umat Beragama di Indonesia. Sundermann, 12(2), 44–50. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.27
Darma, F. E., Mesah, W., & Topayaung, S. L. (2024). Pentingnya Pendidikan Agama Kristen untuk Membangun Toleransi pada Masyarakat Majemuk. Anugerah : Jurnal Pendidikan Kristiani Dan Kateketik Katolik, 1(4), 13–22. https://doi.org/10.61132/anugerah.v1i4.195
Dongoran, E. D., Hasugian, J. W., & Papay, A. D. (2020). Menanamkan Sikap Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Kristen Di SMAN 1 Bintan Timur.
Ermiatia, R., Kay, S., & Rumengan, M. (2024). Nilai Toleransi Berdasarkan Hermeneutika Lukas 10:25-37. In Theos : Jurnal Pendidikan Dan Theologi, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.56393/intheos.v4i1.1952
Erwati, S., Tarigan, B. B., & Pasaribu, L. (2024). Peran Guru Pendidik Agama Kristen Dalam Moderasi Beragama. ELETTRA : Jurnal Prodi Pendidikan Penyuluh Agama Kristen, 2(01), Article 01.
Gustaman, R. F., Darmawan, A. W., Gandi, A., Wijayanti, A., Nurlaela, N., Idin, A., & Wahidin, W. (2024). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bayfa Cendekia Indonesia.
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia.
Kaka, D., Kristiani, K., & Cinta, Y. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen: Menangani Konflik dan Membangun Toleransi di Sekolah. KARDIA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.69932/kardia.v2i2.31
Lasut, S., Hardori, J., Sugiono, S., Gratia, Y. P., & Eldad, C. (2021). Membingkai Kemajemukan Melalui Pendidikan Agama Kristen di Indonesia. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.34081/fidei.v4i2.273
Mahardhika, S., Lestari, N. P., & Wuwung, O. C. (2022). Pendidikan Kristiani Berbasis Multikultural dalam Konteks Moderasi Beragama di SMP Negeri 2 Arso. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(18), Article 18. https://doi.org/10.5281/zenodo.7134432
marbun, S. (2021). Peran Guru Pak Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Peserta Didik. MAWAR SARON: Jurnal Pendidikan Kristen Dan Gereja, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.62240/msj.v4i1.41
Messakh, J. J., Boiliu, E. R., Rantung, D. A., & Naibaho, L. (2023). Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Membangun Moderasi Beragama di Era 5.0. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(5), 2160–2172. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i5.5678
Napitupulu, M. (2022). Peran Kitab Keagamaan (Alkitab) Sebagai Upaya Membangun Toleransi dalam Konflik Umat Beragama di Indonesia. Jurnal Christian Humaniora, 6(1), 149–166. https://doi.org/10.46965/jch.v6i1.1522
Prakosa, P. (2022). Moderasi Beragama: Praksis Kerukunan Antar Umat Beragama. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.37364/jireh.v4i1.69
Raranta, J. E. (2021). Pendidikan Kristiani Berbasis Multikultural dalam Konteks Moderasi Beragama. JURNAL TERUNA BHAKTI, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.47131/jtb.v4i1.96
Sitompul, B., Pasaribu, L. M., Rambe, H. A. R., Pakpahan, J., & Pane, J. B. (2024). Peran Pendidikan Agama Kristen Kontekstual: Membangun Toleransi Beragama Di Tengah Masyarakat Pluralisme. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(2), 1623–1629.
Syamsuddin. (2024). Konflik Sosial Dalam Perspektif Sosiologi Agama. ResearchGate. https://doi.org/10.35673/ajdsk.v6i1.865
Trisaputra, I., Lolo, J. S., & Serdianus. (2023). Penamanan Prinsip-prinsip Moderasi Beragama Bagi Peserta Didik Melalui Pengajaran Pendidikan Agama Kristen. VIDYA SAMHITA: Jurnal Penelitian Agama, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.25078/vs.v9i2.3046
Waruwu, A. T. M. (2023). Strategi Efektif Memperkuat Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan Berdasarkan Perspektif Etika Kristen. Jurnal Apokalupsis, 14(2), Article 2. https://doi.org/10.52849/apokalupsis.v14i2.92
Zega, D. F., Tafonao, T., Ditakristi, A. H. V., Evimalinda, R., & Agustin, D. (2024). Guru sebagai Garda Terdepan: Membentuk Generasi Moderat dalam Pendidikan Agama Kristen. Educatum: Jurnal Dunia Pendidikan, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.62282/je.v1i2.139-156
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Martin Putra Hura, Timotius Bakti Sarono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.