Kalosara dan Pendidikan Kristen sebagai Fondasi Kepemimpinan Transformasional untuk Perdamaian dan Harmoni Sosial di Masyarakat Tolaki
DOI:
https://doi.org/10.55967/manthano.v4i1.85Keywords:
Transformational leadership, Kalosara, Christian educationAbstract
Abstract: Transformational leadership plays a crucial role in fostering peace and social harmony, particularly in multicultural societies. In the context of the Tolaki community, the concept of Kalosara—emphasizing unity, justice, and cooperation—serves as a fundamental cultural value that can inform and strengthen ethical leadership. This study explores how Kalosara, combined with Christian education, provides a solid foundation for transformational leadership that promotes peace and social cohesion. Christian teachings on servant leadership, justice, and reconciliation align with Kalosara’s principles, forming a unique framework for leaders who prioritize the well-being of others and foster inclusive communities. The research aims to examine the integration of these values into leadership models that contribute to societal peace and harmony. This study offers significant academic contributions by bridging local cultural wisdom and Christian values with modern leadership theory, providing practical insights for leaders in both religious and community contexts, and emphasizing the potential of culturally rooted leadership in promoting sustainable peace.
Abstrak: Kepemimpinan transformasional memainkan peran penting dalam menciptakan perdamaian dan harmoni sosial, terutama di masyarakat multikultural. Dalam konteks masyarakat Tolaki, konsep Kalosara—yang menekankan persatuan, keadilan, dan kerja sama—berfungsi sebagai nilai budaya yang mendasar yang dapat menginformasikan dan memperkuat kepemimpinan berbasis etika. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana Kalosara, yang dipadukan dengan pendidikan Kristen, memberikan fondasi yang kokoh untuk kepemimpinan transformasional yang mendorong perdamaian dan kohesi sosial. Ajaran Kristen tentang kepemimpinan hamba, keadilan, dan rekonsiliasi sejalan dengan prinsip-prinsip Kalosara, membentuk kerangka kerja yang unik bagi pemimpin yang mengutamakan kesejahteraan orang lain dan membangun komunitas yang inklusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji integrasi nilai-nilai ini ke dalam model kepemimpinan yang berkontribusi pada perdamaian dan harmoni sosial. Penelitian ini memberikan kontribusi akademik yang signifikan dengan menjembatani kebijaksanaan budaya lokal dan nilai-nilai Kristen dengan teori kepemimpinan modern, memberikan wawasan praktis bagi pemimpin di konteks agama dan komunitas, serta menekankan potensi kepemimpinan yang berakar pada budaya dalam mempromosikan perdamaian yang berkelanjutan.
Downloads
References
Amiruddin, Suardika, I. K., & Anwar, . (2017). Kalosara di Kalangan Masyarakat Tolaki di Sulawesi Tenggara. Mudra Jurnal Seni Budaya, 32(2), 209–219. https://doi.org/10.31091/mudra.v32i2.111
Asbari, M., & Novitasari, D. (2024). Kepemimpinan Transformasional sebagai Katalisator Inovasi dan Kinerja Organisasi : Tinjauan Literatur. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 03(06), 86–108. https://doi.org/10.4444/jisma.v3i6.1149
Asnofidal. (2020). Peran Pemimpin Transformasional dalam Menangani Konflik Organisasi. Jurnal Prajaiswara, 1(1), 1–19. https://doi.org/10.55351/prajaiswara.v1i1.1
Banatau, J. W., & Wijaya, H. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kristen Pelayan Tuhan Terhadap Pencapaian Hasil Program Kerja Di GKII Jemaat Rhema Makassar. Jurnal Jaffray, 17(2), 57–72. https://doi.org/10.31219/osf.io/b8rpa
Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006). Transformational Leadership. Lawrence Erlbaum Associates.
Bass, B. M. (1985). Leadership and Performance Beyond Expectations. Free Press.
Bass, B. M. (1999). Two Decades of Research and Development in Transformational Leadership. European Journal of Work and Organizational Psychology, 8(1), 9–32. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/135943299398410
Burns, J. M. (1978). Leadership. Harper & Row.
Elyes Sasep Kaudin, F. P. (2024). Peran Kepemimpinan Transformasional dalam Mengoptimalkan Kinerja Guru di Lembaga Pendidikan Masa Kini. IMMANUEL: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 5(2), 194–209. https://doi.org/https://doi.org/10.46305/im.v5i2.339
Galtung, J. (2004). Violence, War, and Their Impact. On Visible and Invisible Effects of Violence. Forum for Intercultural Philosophy 5, 5(1).
Galtung, J. (2007). Introduction: peace by peaceful conflict transformation – the Transcend approach. In C. Webel & J. Galtung (eds). Handbook of Peace and Conflict Studies (pp. 14–32). Routledge.
Gulo, R. P., & Salurante, T. (2023). Revitalisasi Pendidikan Kristen di Anticipating Era: Studi Eksposisi Efesus 5:15-16. TELEIOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 3(2), 145–157. https://doi.org/10.53674/teleios.v3i2.74
Herman Sjahthi Ekoprodjo, M. W. (2024). Pendidikan Kristen Membentuk Karakter dan Nilai-Nilai Kristus dalam Konteks Modern. DIDASKALIA : Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5(1), 15–28. https://doi.org/10.51667/djpk.v5i1.1800
Irfan Baso’, Herman Patabang, Filemon Dalef Lamma, Jeniati, J. T. (2024). Pendidikan Agama Kristen dan Tantangan Sekularisme di Lingkungan Sekolah. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 4(3), 518–530.
Kasmawati, Y. (2021). Kepemimpinan Kolaboratif : Sebuah Bentuk Kepemimpinan untuk Sekolah. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(2), 197–207. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i2.5120
Kurniasi. (2016). Pendidikan Kristen yang Transformatif. Eirene, 1(2), 143–161. https://doi.org/https://doi.org/10.56942/ejit.v1i2.21.
Makmur, A., Saepudin, M. A., Sudarto, T., Maftuh, A., & Purwadi, P. (2023). Model Kepemimpinan Transformasional dalam Dunia Pendidikan di Era Digital. Jurnal Syntax Admiration, 4(1), 33–46. https://doi.org/10.46799/jsa.v4i1.525
Manalu, N. (2021). Teologi dan Teknologi dalam Pandangan Sekuralisasi di Era Post Modernitas. Jurnal Kadesi, 3(2), 51–84. https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v3i2.3
Munir, I. K. S. & S. M. (2019). Makna Simbolik Kalosara dalam Kehidupan Suku Tolaki di Kabupaten Konawe. Jurnal Fokus Penelitian Budaya, 4(1), 12–22. https://doi.org/10.33772/jpeb.v4i1.6610
Murniati, Rahmah, Surianti, Andi Nurwanti Marwil, Nur Illang, A. Anni Asri, Muhammad Askar, Besse Herlina, S. (2025). Kepemimpinan Transformasional dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan di Era Digital. Jurnal Eksplorasi Pendidikan, 8(2), 15–23.
Non Norma Monigir, Marisca A. B. Sadsuitubun, Bella Felicita Rambitan, Syerri Y. Sumual, N. W. (2024). Peran Kepemimpinan Transformasional dalam Membangun Budaya Organisasi Pendidikan yang Inklusif. Pendas, 9(4), 325–337. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20115
Rakhma, M. T., N F, S. N., Z, M. F., & Yulianita, N. (2022). Gaya Kepemimpinan dalam Dilema Etis : Tinjauan Literatur Gaya Komunikasi Kepemimpinan. Jurnal Common, 6(1), 1–17. https://doi.org/https://doi.org/10.34010/common.v6i1.7458
Ramly, A., Putra, Z., Hariyadi, S., Suriaman, S., & Husnah, N. (2023). Tradisi Kalosara dalam Perspektif Nilai Pendidikan Karakter pada Pernikahan Suku Tolaki Kabupaten Kolaka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 7747–7754. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7465
Risma Neta Lestari, Y. A. (2024). Pengaruh Globalisasi Terhadap Gaya Hidup Individualisme Masyarakat Modern. Sosietas : Jurnal Pendidikan Sosiologi, 14(2), 117–128.
Rispan, R., & Ajat Sudrajat. (2019). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kalosara dalam Pembelajaran Sejarah di SMA sebagai Penguatan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 8(2), 148–169. https://doi.org/10.21009/jps.082.04
Rizqi Alifqa, Z. R. (2021). Penyelesaian Konflik dalam Perspektif Kalosara (Studi Kasus: Suku Tolaki). Universitas Hasanuddin Makassar.
Sandiasa, G. (2017). Kepemimpinan Transformasional dan Strategi Pengembangan Institusi dalam Meningkatkan Kualitas Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar: Revitalisasi Tata Kelola Perguruan Tinggi (Seminar Proceeding: Revitalizing Higher Education Governance), 13–26.
Saputri, S. A., Dirman, L. O., Ta’alami, L. O., & Hadi, A. T. (2020). Tradisi Kalosara dalam Penyelesaian Sengketa Tanah di Kecamatan Baito Kabupaten Konawe Selatan. LISANI: Jurnal Kelisanan Sastra Dan Budaya, 3(2), 63–76. https://doi.org/10.33772/lisani.v3i2.1112
Siburian, H. H. (2020). Pentingnya Model Kepemimpinan dalam Pendidikan Kristen Masa Kini. Sam Soukotta Sang Pemimpin Karakter Kristen, 198–229. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/ujk3r.
Widodo, J. (2008). Kepemimpinan Pendidikan Transaksional dan Trasformasional di SMK Non Teknik. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 123–138. https://doi.org/10.15294/dp.v3i1.437
Yulianti, W. (2015). Pengaruh Kepemipinan Transformasional, Integritas Perilaku dan Kepercayaan Terhadap Pimpinan dalam Peningkatan Kinerja SDM. Jurnal Unissula, 2(1), 282–300.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Amirrudin Zalukhu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.